Culture

BENALU "TUMBUHAN PARASIT"


Tidak semuah Tumbuhan hidup ditanah. ada juga tumbuhan yang hidup pada tanaman lain. ia kita kenadengan nama Benalu

Tumbuhan Benalu adalah tanaman Parasit. Tanaman Parasit yaitu, tanaman yang hidup menempel atau menumpang pada tanaman lain dan mengisap zat-zat makanan dari tanaman yang ditumpanginya.
Tanaman parasit seperti benalu sangat merugikan karena dapat merusak bahkan mematikan tanaman yang ditumpanginya.


keberadaan benalu dapat mudah dikenal, karena memiliki, daun,ranting dan bunga yang berbeda dengan tanaman yang ditumpanginya. Benalu adalah tanaman perdu yang berbentuk lonjong agak meruncung dan bertangkai pendek. Permukaan daunya mengkilap.

Bunganya berwarna cerah, Kuning atau hijau kekuningan. tumbuh secara berkelompok . Satu kelompok bunganya terdiri dari 5-7 bunga. Buanya bulat kecil-kecil berbiji hanya satu.

Benalu menyebar dengan bantuang burung. Burung memakan buah Benalu dikeluarkan bersama kotoran burung. Jika menempel pada dahan Pohon, maka biji ini dapat tumbuh menjadi tanaman benalu.

Akar isap dari benalu mampu mengisap semua makanan yang diperoleh dari tumbuhan yang di tumpanginya dengan cara menancap pada batang tumbuhan yang hidup hingga masuk ke pembulu pohon, kemudian menjalar menuju bagian-bagian tumbuhan yang ia tumpangi. dengan demikian benalu tumbuh subur. sementara tumbuhan yang ditumpanginya semakin layu, perlahan-lahan batang humbuhan itu akan kehilangan sari makananya dan akhirnya kering/mati.

Menjadi parasit bagi tumbuhan lain tidak hanya terjadi dalam Duniah tumbuh-tumbuhan, cara hidup menjadi benalu juga terjadi dalam kehidupan masyarakat luas. Tidak semua Manusia mencari dan memenuhi kebutuhan hidup diatas tanahnya sendiri. Ada kelompok masyarakat lain yang hidup menumpang pada tanah/pulau lain.

Misalnya diatas tanah Papua. Pemerintah dan Pengusaha (Pemilik Modal) adalah golongan Manusia yang boleh dikatakan sebagai Tanaman Parasit. Tanaman parasit yaitu tanaman yang hidup menempel atau menumpang pada tanaman lain dan mengisap zat-zat makanan dari tanaman yang di tumpanginya. tentu saja tanaman parasit seperti benalu sangat merugikan, karena dapat merusak dan mematikan tanaman yang di tumpanginya.

keberadaan Pemerintah dan Pengusaha Pun mudak dikenal, karena menguasai wilayah/daerah yang mereka tumpangi. dengan gaya hidup yang eksploitatif yang jelas berbeda gaya hidup dengan masyarakat asli tentu saja keberadaanya sangat merigikan.

Pemerintah dan Pengusaha memiliki banyak program dan cabang usaha yang mereka akui demi mensejatherakan masyarakat. semua program pengusaha selalu di eksekusi dilapangan dengan dukungan pemerintah, dengan rayuang gombal, masyarakat asli terpengaruh.

Berbagaibisnis ekploitatif negativ pun hadir padahal seharusnya dilarang oleh pemerintah contoh kongkrit: Minunan keras, porkas, Jps dan tambang ilegal, penembangan hutan ilegal dan banyak lagi. Parahnya hal ini terjadi dan melebar luas hingga plosok-plosok kampung untuk menyedot kekayaan sebanyak-banyaknya bagi kepentingan mereka sendiri. Sudah pasti kebijakan eksploitatif bermuarah pada pemiskinan bahkan pemusnaan bagi masyarakat asli, sunguh kejam.

Pemerintah dan Pengusaha mampu menyedot semua harta kekayaan milik masyarakat dengan berbagai macam cara. Masyarakat asli hanya diperalat, semua hasil pendapatan kembali kepad pemerintah dan pengusaha itu sendiri.

Mereka kerja saling menguntungkan. Buntutnya pemerintah sengaja membiarkan berbagai macam bentuk ekspolitasi terhadap masyarakat asli Papua. Sementara masyarakat bergantung hidupnya pada pemerintah, pengusaha dan berbagai bisnis membuat masyarakat asli semakin tidak berdaya. perlahan-lahan hidup masyarakat akan kehilangan kekayaan harta benda dan kekayaan alam yang dimilikinya akhirnya mati diatas tanahnya sendiri.

oleh sebab itu, jika kita menemukan tumbuhan benali dipohon milik kita olusi apa yang kita lakukan?

Tidak ada komentar:

Featured Post 8

Copyright © AmoNa'S Blog Publisher By Free Templates